nfo Rumah dijual, kini bertebaran dimana-mana. Untuk menghindari beberapa kemungkinan penipuan yang dilakukan oleh pihak si penjual rumah, jangan sampai jadi korban dari penjual rumah baik itu ketika transaksi ataupun saat sedang melihat langsung kondisi rumah yang ingin anda beli, karena saat ini sudah sangat benayak beredar agen penjual rumah. Memlih rumah dijual untuk ditinggali harus disikapi dengan sangat serius dan hati-hati dengan mempertimbangkan banyak hal, karena kamulah orang yang akan meluangkan waktu yang sangat lama dirumah tersebut. Berikut ini asalasah sajikan beberapa tips untuk membeli rumah dijual, sebelum terlanjur bertransaksi perhatikanlah tips-tips berikut ini:  

  • Mencari notaris yang terpercaya dan handal untuk menangani transaksi, untuk bertransaksi dengan penjual gunakan notaris yang sudah sering menangani kasus/proses jual beli rumah agar tidak terjadi penipuan dalam proses dokumen jual beli rumah.
  • Untuk mendapatkan informasi yang lebih detail mengenai rumah dijual tersebut, sebaiknya anda datangi langsung kantor pemasaran dari perumahan tersebut. Biasanya kantor pemasarannya ada dilokasi perumahan tersebut juga. Dengan mendatangi kantor pemasaran, anda tidak hanya mendapatkan informasi mengenai harga rumah sederhana tapi juga anda bisa mendapatkan penjelasan tentang situasi lingkungannya dan juga bahkan informasi perkembangan harga rumah yang akan beli dimasa akan datang, apakah bisa menjadi investasi yang menguntungkan.
  • Memeriksa kondisi rumah, sebelum membeli rumah periksalah kondisi rumah tersebut apakah kondisi ruangan seperti dinding, lantai, pintu, jendela, dan atap masih bagus. Pengembang yang bagus adalah pengembang yang memberikan jaminan 3 sampai dengan 6 bulan jika ada kerusakan-kerusakan pada rumah sederhana yang anda beli. Sepanjang masa jaminan tersebut cobalah anda teliti terus kekurangan-kekurangan yang mungkin ada di rumah tersebut seperti genteng yang bocor atau juga dinding retak, jangan sampai masa jaminan sudah habis anda baru melakukan komplain.
  • Jangan lupa untuk melakukan pengecekan kelengkapan dokumen rumah, untuk dokumen rumah sangatlah penting kelengkapannya seperti SHM, IMB, dan PBB.
  • Lokasi Sekitar Rumah. Perhatikan lokasi sekitar  rumah, pastikan linkungan sekitar tidak terjadi banjir dan tidak dekat dengan lokasi yang tidak disukai oleh orang banyak.
  • Kemudahan Transportasi. Walaupun rumah di jalan raya atau dekat jalan raya mungkin lebih berpotensi untuk terkena polusi, namun hal ini juga berarti jarak antara rumah Anda ke pusat transportasi juga lebih dekat. Tempat tinggal yang dekat stasiun, misalnya, dapat memberikan kemudahan bertransportasi jika kendaraan bermotor Anda bermasalah, atau jalanan rumah anda terlanda banjir.
Sekian beberapa poin penting sebagai tips memilih rumah untuk anda beli, semoga anda mendapatkan rumah yang sesuai seperti harapan dan semuanya berjalan dengan aman dan lancar.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top